Print
Category: Uncategorised
Hits: 373

Sabung ayam atau disebut ayam petarung adalah jenis ayam yang sangat berbeda dengan ayam-ayam yang biasa dipelihara oleh orang-orang yang ada di desa. Karena, jenis ayam tersebut adalah ayam yang hanya dipelihara untuk bertarung. Apalagi untuk merawat ayam jenis petarung ini sangatlah berbeda dari jenis ayam lainnya. Karena ayam ini memerlukan perawatan yang berkala.

Sebelum bertanding atau bertarung, ayam petarung biasanya akan dirawat dan dijaga kesehatannya agar fit di saat bertanding nantinya. Kalau dikatakan untuk perawatan ayam ini, ayam petarung sangatlah sulit sekali untuk merawatnya. Karena pemilik dari ayam petarung harus memiliki waktu luang untuk ayamanya sekitar setengah hari.

Langkah-Langkah Perawatan Sabung Ayam Agar Fit

Untuk para pemilik ayam petarung, biasanya para pemilik mendapatkan informasi cara-cara perawatannya dari situs berita yang membahas tentang ayam petarung, komunitas-komunitas pecinta ayam petarung dan dari orang-orang yang hanya mengetahui sedikit informasi dari ayam petarung ini. Tetapi, informasi-informasi yang biasa didapatkan biasanya tidak begitu terlalu lengkap.

  1. Mandi

Langkah pertama untuk perawatan ayam petarung agar mendapatkan tubuh yang fit adalah memandikan terlebih dahulu ayamnya. Waktu yang dianjurkan untuk memandikan ayam petarung adalah pada jam 6 atau 7 pagi hari. Air yang digunakan juga haruslah menggunakan air bersih yang steril agar kesehatan ayam tetap terjaga.

  1. Berjemur

Setelah selesai memandikan ayamnya, maka untuk mengeringkan ayam petarung adalah menjemurkannya di terik matahari. Untuk menjemurnya, pemilik ayam hanya cukup menaruh ayam petarung tersebut ke dalam umbaran dan mengalaskan dengan kayu atau bebatuan saja. Hal tersebut dilakukan menghindarkan si ayam berguling-guling ke tanah. Berbeda halnya lagi  jika dimasukan ke dalam kandang, maka ayam tersebut tidak akan bisa bebas untuk melangkah dan mengepakan sayap-sayapnya. Untuk durasi dalam penjemuran, lebih baik menjemur ayamnya sampai jam 10:00 pagi saja. Karena pada jam tersebut, vitamin D pada sinar matahari tersebut mulai tidak aktif.

  1. Latihan

Latihan adalah langkah yang sangat wajib sekali untuk ayam petarung. Karena latihan adalah dimana para pemilik dapat melihat hasil dari kemampuan pada ayam petarung tersebut. Dengan melakukan latihan, fisik si ayam akan menjadi lebih kuat dan kokoh pada saat di dalam pertandingan nantinya. Apalagi jika ayam petarung melakukan senam pagi, dengan melakukan senam pagi maka otot-otot ayam akan menjadi lebih kuat. Selain fisik, mental ayam juga sangatlah perlu dilatih. Karena rata-rata ayam petarung yang sudah kalah dalam pertandingan, mental ayam tersebut akan menjadi ciut.

  1. Pakan

Merawat ayam petarung, sangatlah perlu memberikan pakan-pakan yang sehat untuk ayamnya. Hal tersebut dikarenakan ayam petarung mendapatkan energi bertarung pada pakan yang dimakan nantinya. Pakan yang diberikan juga tidaklah boleh sembarangan. Agar ayam petarung tersebut menjadi ganas, pemilik ayam wajib memberikan pakan cacing 200 gram pada seminggu. Tidak lupa juga ayam petarung diberikan pakan jagung yang utuh agar dapat melatih paruhnya disaat sedang mematuk jagung-jagung tersebut.

  1. Vitamin

Langkah terakhir untuk merawat ayam petarung atau ayam sabung ini diperlukan untuk memberikan vitamin. Vitamin diberikan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran pada sang ayam. Vitamin juga tidak boleh setiap hari diberikan kepada ayam petarung. Ayam petarung hanya perlu diberikan 3 hari sekali vitamin A dan vitamin B saja. Selain vitamin, sang pemilik ayam juga dapat memberikan jamu kepada si ayam. Karena jamu dapat memberikan nafas ayam menjadi panjang pada saat bertarung nantinya.